Selasa, 26 Februari 2013

MOCHI KACANG HIJAU


Cemal-cemil pas weekend :D

RESEP MOCHI KACANG HIJAU
Untuk 40 - 50 buah mochi diameter + 3 cm

Bahan isi:
- 150 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam
- 70 gram gula pasir
- 125 ml santan kental
- 1/2 sendok teh garam
- 1 lembar daun pandan

Bahan mochi:
- 400 gram, tepung ketan
- 550 ml air
- 1/2 sendok teh garam
- 100 ml santan kental
- 100 gram gula pasir
- tepung sagu, sangrai secukupnya untuk melumuri kue dan telapak tangan

Cara membuat:

Membuat isi
Tiriskan kacang hijau kupas yang telah direndam selama 1 jam, kukus hingga matang, kira-kira memerlukan waktu 10 menit.


Masukkan kacang hijau, santan, gula, garam ke dalam blender dan proses hingga halus. Tuangkan ke dalam panci kecil atau wajan (anti lengket lebih baik). Masukkan daun pandan dan masak sambil diaduk-aduk hingga airnya mengering. Gunakan api kecil saja saat memasak. Jika adonan isi telah menjadi kalis dan bisa dibentuk, angkat dan sisihkan.

Membuat adonan mochi
Siapkan mangkuk, masukkan tepung ketan dan tuangkan 1/2 bagian air, aduk-aduk hingga tercampur rata. Masukkan kembali sisa air dan aduk, hingga terbentuk adonan yang sedikit cair. Siapkan kain bersih, letakkan kain diatas mangkuk, tuangkan adonan tepung ke dalamnya. Peras hingga airnya benar-benar habis. Tampung air perasan tepungnya ya.

Tuangkan 50 ml air perasan tepung, santan, garam dan gula ke dalam panci kecil, masak hingga mendidih. Aduk-aduk selama dimasak. Angkat dan biarkan hangat. Tuangkan tepung ketan yang telah diperas ke dalam mangkuk, masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.

Siapkan loyang atau mangkuk tahan panas, olesi dengan minyak atau alasi dengan kertas roti/kertas baking pada permukaan wadah. Tuangkan adonan tepung ke dalamnya. Kukus selama + 20 menit, hingga adonan menjadi kenyal dan liat serta terlihat agak transparan.

Note: kukus di dalam dandang dengan mengalasi permukaan dandang menggunakan alumunium foil yang diolesi terlebih dahulu dengan minyak, agar adonan tidak lengket. Namun paling aman dengan menggunakan loyang atau wadah tahan panas yang diolesi minyak.Atau alasi dengan daun pisang, dijamin tidak akan lengket

Keluarkan adonan yang telah matang dari kukusan, kita akan membentuknya. Adonan sangat lengket, karena itu selalu lumuri telapak tangan dan jari-jari anda dengan tepung sagu sangrai saat membentuknya.

Ambil sejumput adonan (+ 25 gram), pipihkan. Letakkan adonan isi di tengah adonan sambil menekannya agar adonan isi masuk dan menempel pada adonan ketan. Tutup dan jepit-jepit dengan ujung jari anda agar rapat, kemudian gelindingkan kue di telapak tangan hingga menjadi bola yang smooth.

Lumuri kue dengan tepung sagu sangrai hingga seluruh bagian permukaan kue tertutup sagu. Tata di piring saji. Lakukan hingga semua adonan habis. Kue siap disajikan. Sedap!

Note:
Kue ini sebaiknya langsung habis dimakan saat itu juga setelah dibuat, karena mengandung santan dan tidak tahan lama. Menyimpannya di kulkas akan membuat adonan tepung menjadi keras.

(justtryandtaste.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar