Selasa, 26 Februari 2013

CAKE APEL


RESEP CAKE APEL

Bahan:

Untuk apel, campur jadi satu bahan di bawah, aduk rata dan sisihkan.
- 7 butir apel, kupas kulitnya, potong dadu
- 1 sendok makan bubuk kayu manis
- 5 sendok makan gula pasir

Bahan adonan cake:
- 200 ml minyak sayur (saya menggunakan minyak zaitun)
- 300 - 400 gram gula pasir - 1 sendok teh vanila ekstrak
- 4 butir telur ayam
- 50 ml jus jeruk
- 330 gram tepung terigu serba guna, saya menggunakan Segitiga Biru
- 1 sendok makan baking powder, pastikan fresh
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 175'C, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang tulban bongkar pasang (loyang cincin, lubang di tengah) dengan mentega dan taburi tepung terigu. Sisihkan.

Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan minyak, gula pasir, vanila ektrak dan jus jeruk. Aduk rata. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam menjadi satu, kemudian masukkan bahan basah (campuran minyak dan gula) ke dalam tepung. Aduk rata. Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan, aduk rata sebelum menambahkan telur berikutnya.

Masukkan setengah adonan ke dalam loyang, ratakan. Kemudian tambahkan setengah apel ke atas adonan di dalam loyang, tata agar apel menyebar ke seluruh permukaan adonan. Tutup apel dengan memasukkan sisa adonan dan akhiri dengan memasukkan sisa apel ke dalam loyang sehingga menyebar ke permukaan cake.

Panggang selama + 1 1/2 jam, test dengan tusuk gigi, jika masih ada adonan yang menempel panggang kembali cake hingga matang. Keluarkan cake dari oven, biarkan kira-kira 10 menit, kemudian dengan menggunakan pisau sisiri tepian cake untuk memastikan tidak ada bagian cake yang menempel di loyang. Keluarkan cake dengan menarik bagian tengah loyang yang menonjol sambil menekan bagian bawah loyang agar terlepas.

Biarkan cake benar-benar dingin sebelum dipotong. Enjoy!

(www.justtryandtaste.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar